GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Guru Se-Aceh Timur Dilatih Peningkatan Kompetensi

Guru Se-Aceh Timur Dilatih Peningkatan Kompetensi

Guru Se-Aceh Timur Dilatih Peningkatan Kompetensi Ratusan guru dari sejumlah lembaga pendidikan di Aceh Timur, seperti PAUD/TK, MA dan SMA se-kabupatenMinggu, 7 Oktober 2018 07:1…

Guru Se-Aceh Timur Dilatih Peningkatan Kompetensi

Guru Se-Aceh Timur Dilatih Peningkatan Kompetensi

Ratusan guru dari sejumlah lembaga pendidikan di Aceh Timur, seperti PAUD/TK, MA dan SMA se-kabupaten

Guru Se-Aceh Timur Dilatih Peningkatan KompetensiPuluhan guru Madrasah Aliyah (MA), dan SMA se-Aceh Timur, mengikuti pelatihan membuat media pembelajaran berbasis digital (E-Learning), yang diselenggarakan oleh MAN Insan Cendekia (MAN-IC) Aceh Timur, Sabtu (6/10). SERAMBI / SENI HENDRI

IDI - Ratusan guru dari sejumlah lembaga pendidikan di Aceh Timur, seperti PAUD/TK, MA dan SMA se-kabupaten itu, mengikuti pelatihan untuk mendorong peningkatan kompetensi guru di kawasan itu.

Pelatihan yang digelar MAN-IC di H otel Royal Idi yang diikuti 50-an guru Madrasah Aliyah (MA) dan SMA se-Aceh Timur, dibuka oleh Kasi PAIS Kemenag Atim, M Isa, dengan menghadirkan pematri dari Ikatan Guru Indonesia (IGI) pusat, Khairuddin. Mereka mengikuti pelatihan membuat media pembelajaran berbasis digital (e-Learning), Sabtu (6/10).

“Melalui pelatihan ini diharapkan guru dapat membuat media pembelajaran berbasis e-Learning yang nantinya dapat diajarkan dengan mudah kepada siswa. Metode ini selain dapat meningkatkan kreatifitas guru, juga lebih efektif untuk diajarkan kepada anak didik,” jelas Kepala MAN IC Shulfan.

Sementara itu, Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak (IGTKI) Aceh Timur bekerjasama dengan Instruktur Nasional (IN), sejak 2-7 Oktober 2018 juga menggelar pelatihan peningkatan keprofesian berkelanjutan (PKB) yang diikuti sekitar 170 guru TK formal se-Aceh Timur yang nilai rapornya masih merah, pascamengikuti ujian PKB tahun 2015 lalu.

“Setelah pelatihan PKB ini para guru akan mengi kuti ujian PKB kembali pada 22-24 Oktober 2018 mendatang. Ujian ini untuk memperbaiki nilai rapor para guru yang masih merah. Kelulusan dari ujian ini selain untuk mencapai kompetensi guru, juga sebagai syarat pendukung untuk mendapat tunjangan profesi dari pemerintah,” jelas Ketua IGTKI Aceh Timur, Asni.

Asni mengatakan, pelaksanaan pelatihan yang diikuti sekitar 170-an guru dari tujuh UPT Dinas Pendidikan di Aceh Timur ini dibagi menjadi tiga gelombang sejak 2-7 Oktober 2018 di Aceh Timur. “Setelah pelatihan ini, diharapkan guru agar serius belajar di rumah, agar dapat memperoleh nilai terbaik pada ujian mendatang,” pinta Asni.

Sedangkan di Kecamatan Banda Alam, Aceh Timur, sebanyak 25 guru PAUD dan TK se-Gugus Bunga Raya di kecamatan setempat, Sabtu (6/10) juga menggelar pelatihan alat peraga edukatif (APE) di TK Negeri Pembina Banda Alam. Selanjutnya, Sabtu (12/10) mendatang guru PAUD dan TK se kecamatan setempat juga akan menggelar pelatihan Kurikulum 2013.< /p>

“Setelah pelatihan ini kami akan menggelar lomba alat peraga edukatif yang diikuti seluruh guru PAUD/TK se Kecamatan Banda Alam, 22 Oktober 2018 mendatang. Tujuannya, untuk meningkatkan kompetensi dan kretifitas guru dalam proses belajar mengajar,” ungkap Ketua Program Kerja Guru (PKG) Barokah, Rosidah, didampingi Kepala TK Negeri Pembina Banda Alam, Marlianur SPd.(c49)

Editor: bakri Sumber: Serambi Indonesia Ikuti kami di Sumber: Berita Aceh

Tidak ada komentar