GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Jutaan Telur Ikan Kakap Dibuang ke Perairan Laut Aceh

Jutaan Telur Ikan Kakap Dibuang ke Perairan Laut Aceh

Jutaan Telur Ikan Kakap Dibuang ke Perairan Laut Aceh Produksi telur kakap di Balai Perikanan Budidaya Air Payau (BPBAP) Aceh, Ujong Batee, Aceh Besar, dalam setahun mencapai…

Jutaan Telur Ikan Kakap Dibuang ke Perairan Laut Aceh

Jutaan Telur Ikan Kakap Dibuang ke Perairan Laut Aceh

Produksi telur kakap di Balai Perikanan Budidaya Air Payau (BPBAP) Aceh, Ujong Batee, Aceh Besar, dalam setahun mencapai 800 juta butir.

Jutaan Telur Ikan Kakap Dibuang ke Perairan Laut AcehSerambi IndonesiaAnggota Komisi II DPRA, melihat tempat pembenihan udang windu di BPBAP Ujong Batee, Aceh Besar, Kamis (20/9/2018).

TRIBUNNEWS.COM, BANDA ACEH - Produksi telur kakap di Balai Perikanan Budidaya Air Payau (BPBAP) Aceh, Ujong Batee, Aceh Besar, dalam setahun mencapai 800 juta butir.

Namun, yang ditetaskan menjadi anak ikan hanya sekitar 25 juta, sehingga sisa sekitar 775 juta bu tir telur itu harus dibuang ke laut Aceh.

Hal ini karena terbatasnya tempat penetasan telur dan pemeliharaan anak ikan di BPBAP Aceh yang merupakan balai di bawah pemerintah pusat.

Kasi Pengujian dan Dukungan Teknis BPBAP Aceh, Jalaluddin SPi MSi, mengungkapkan hal ini kepada Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Aceh, Cut Yusminar dan Anggota Komisi II DPRA, yaitu Aminuddin, Kartini, Dermawan serta Jemarin, yang berkunjung ke tempat pembenihan ikan dan udang BPBAP Ujong Batee, Kamis (20/9/2018).

"Angka produksi 800 juta butir telur itu sesuai penghitungan setiap kolam bisa memproduksi 80 juta butir telur dalam sebulan, sehingga menjadi 800 juta butir telur kakap dalam sepuluh bulan. Namun yang bisa ditetaskan hanya 2,5 juta benih per bulan atau 25 juta benih per sepuluh bulan. Sedangkan dua bulan lagi, dalam setiap tahun itu merupakan masa istrahat bertelur," jelas Jalaluddin.

Baca: Seorang Pria Tewas di Apartemen, Polisi Temukan Al at Kontrasepsi di Kamarnya

Untuk menjaga populasi kakap di laut Aceh agar tetap banyak, kata Jalaluddin, maka telur yang berlebih tersebut dibuang ke laut perairan Aceh agar bisa menetas dan membesar alami.

Namun, terkadang kata Jalaluddin, ada juga yang dibeli perusahaan pembenihan kakap dari Batam dan daerah lainnya, meski mereka tak rutin datang karena jaraknya sangat jauh.

"Selain kakap, bibit nila, kerapu, bandeng, udang windu dan gala juga diproduksi di BPBAP Ujong Batee, bahkan bibit nila salin di sini sudah sangat terkenal yang dibeli untuk hampir semua tambak di Aceh, mulai Aceh Tamiang, Langsa, Aceh Timur, Aceh Utara, Bireuen, Aceh Selatan, Aceh Barat, Abdya dan lainnya," ujar Jalaluddin.

Dia menyebutkan produksi benih nila salin di lokasi itu baru sekitar 200.000 ekor per bulan, namun sudah mampu memenuhi kebutuhan di Aceh.

Kepala TU BPBAP Ujong Batee, T Ridwan SPi Msi mengatakan setiap tahun pihaknya menerima siswa SM K Perikanan di Aceh magang di tempat tersebut.

Halaman selanjutnya 12
Editor: Dewi Agustina Sumber: Serambi Indonesia Ikuti kami di Ditemukan Tewas di Sawah, Mahasiswi Aceh Ternyata Dibunuh Pacar karena Alasan Ini Sumber: Berita Aceh

Tidak ada komentar