GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Perahu Hias Meriahkan Festival Krueng Aceh

Perahu Hias Meriahkan Festival Krueng Aceh

PKA 7 Perahu Hias Meriahkan Festival Krueng Aceh Sebanyak 22 perahu hias ikut memeriahkan Festival Krueng Aceh yang berlangsung di bantaran Krueng AcehSelasa, 14 Agustus 2…

Perahu Hias Meriahkan Festival Krueng Aceh

PKA 7

Perahu Hias Meriahkan Festival Krueng Aceh

Sebanyak 22 perahu hias ikut memeriahkan Festival Krueng Aceh yang berlangsung di bantaran Krueng Aceh

Perahu Hias Meriahkan Festival Krueng Aceh   PULUHAN perahu hias mengikuti Festival Krueng Aceh yang digelar dalam rangka memeriahkan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) Ke-7 di Daerah Aliran Sungai (DAS) Krueng Aceh, Peunayong, Banda Aceh, Senin (13/8). Kegiatan yang diikuti sejumlah kabupaten/kota di Aceh, instansi pemerintah, dan Kodam Iskandar Muda ini juga dalam rangka menyambut HUT Ke -73 Republik Indonesia.

BANDA ACEH - Sebanyak 22 perahu hias ikut memeriahkan Festival Krueng Aceh yang berlangsung di b antaran Krueng Aceh kawasan depan markas Kodam Iskandar Muda, Banda Aceh. Festival itu dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) Ke-7.

Perahu hias itu sudah didekor dengan berbagai model. Ada yang berbentuk ornamen gajah, naga, ikan, masjid, rumoh Aceh, hingga burung. Diatas boat nelayan yang dihias menjadi perahu hias itu, ditampilkan berbagai atraksi budaya seperti drama musikal, tari, hingga rapa-i.

Perahu hias itu didekorasi oleh masing-masing instansi yang menjadi peserta Festival Krueng Aceh, mulai lembaga TNI, polisi, hingga pemerintahan.

Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, Rasidah kemarin mengatakan, Festival Krueng Aceh itu sebagai bentuk dukungan Pemerintah Aceh dalam menarik wisatawan untuk berkunjung ke Aceh.

Menurutnya, perhelatan even budaya ini selalu ditunggu oleh masyarakat Aceh. Dan bisa menjadi event tahunan di Kota Banda Aceh.

“Parade perahu hias di Krueng Aceh ini menjadi bagia n dari upaya menyemarakkan PKA Ke-7 di Banda Aceh,” kata Rasidah.

Pihaknya mengharapkan, festival perahu hias ini bisa membangkitkan gairah pelaku wisata di Aceh. Dengan memperkenalkan sejarah panjang Krueng Aceh kepada wisatawan.

Bukan hanya itu, katanya, pengunjung juga dapat berpartisipasi dalam parade itu, dengan cara mengikuti serangkaian kegiatan yang diadakan di bantaran sungai Krueng Aceh. Pengunjung juga bisa mengikuti lomba foto perahu hias.

Festival Krueng Aceh akan berlangsung hingga hari ini, Selasa (14/08), perahu hias dengan dekorasi terbaik akan mendapatkan uang sebesar Rp 10 juta rupiah, yang akan diumumkan langsung setelah kegiatan parade perahu hias selesai.

Selain perahu hias, ada sejumlah kegiatan lain yang digelar di antaranya atraksi wisata, panggung apreasi budaya, lomba memasak, lomba mewarnai, atraksi air, sajian 1.000 cangkir kopi gratis dan bersih-bersih sungai.

Sementara itu sejak pagi hingga menjelang magrib kemarin berlangsung Seminar Internasional Kemaritiman dan Kebudayaan PKA VII di Anjong Mon Mata Banda Aceh. Tujuh narasumber hadir, berasal dari Jakarta, Aceh, dan Singapura. Hari ini seminar dilanjutkan dan akan ditutup menjelang sore. (mun)

Editor: bakri Sumber: Serambi Indonesia Ikuti kami di Sumber: Berita Aceh

Tidak ada komentar