GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Aceh Besar Pamer Produk di Thailand

Aceh Besar Pamer Produk di Thailand

Aceh Besar Pamer Produk di Thailand Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar mengikutsertakan sejumlah produk unggulan pada pameran perdagangan IndonesiaSabtu, 21 Juli 2018 12:01IBU Negara Ny…

Aceh Besar Pamer Produk di Thailand

Aceh Besar Pamer Produk di Thailand

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar mengikutsertakan sejumlah produk unggulan pada pameran perdagangan Indonesia

Aceh Besar Pamer  Produk di ThailandIBU Negara Ny Iriana Jokowi didampingi Ny Mufidah Jusuf Kalla, melihat produk UMKM dari Aceh pada pembukaan pameran KKI 2018 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat (20/7). DOK/BI PROVINSI ACEH

JANTHO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar mengikutsertakan sejumlah produk unggulan pada pameran perdagangan Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) dan BIMP-EAGA Trade Fair ke-4 2018. Pameran tersebut diselenggarakan di Convention Center Price of Songkla University, Hatyai, Thailand, 19-22 Juli 2 018.

Sebagai pimpinan delegasi, Bupati Aceh Besar, Ir Mawardi Ali menjelaskan bahwa keikutsertaan Aceh Besar dalam ajang itu untuk menunjukkan karakter dan ciri khas daerah tersebut ke dunia. Pihaknya memamerkan beberapa produk unggulan yaitu kopi dan hasil kerajinan tangan di pameran inovasi produk pertanian bertaraf internasional itu.

“Kami memastikan bahwa Aceh Besar adalah wilayah yang akan terlibat langsung dalam usaha pengembangan inovasi produk pertanian dan lingkungan hidup,” ujarnya, Jumat (20/7).

Mawardi menjelaskan, kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan perkembangan ekonomi di 32 wilayah di tiga negara, yaitu 10 Provinsi di Indonesia, delapan negara bagian di wilayah utara Malaysia, dan 14 di wilayah Thailand.

Selain memamerkan produk-produk unggulan UMKM, Pemkab Aceh Besar juga melakukan promosi destinasi wisata terbaik guna meningkatkan kunjungan wisata turis Asia Tenggara. “Semoga hadirnya Aceh Besar di kancah ASEAN semakin memberi kan inovasi baru untuk pengembangan daerah dan semakin dikenal di dunia Internasional,” harap Mawardi.

Bupati Aceh Besar turut memboyong pelaku usaha, Ketua Dekranasda Aceh Besar, Rahmah Abdullah SH, Kadiskop, UKM, dan Perdagangan Taufiq SH, Kadisparpora, Ridwan Jamil SSos MSi dan sejumlah pejabat terkait lainnya pada kegiatan dua tahunan itu.

Tampil di KKI

Sementara itu, sejumlah produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Aceh dipamerkan di Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2018 yang berlangsung 20-22 Juli 2018 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta. Pameran itu diselenggarakan Bank Indonesia.

Sejumlah produk UMKM yang dipamerkan yaitu kain batik produk Hi Batik, Tas bordir khas Aceh produk Karya Indah Bordir, berbagai kain bordir dari Kanalom Bordir dan kain Ija Krueng.

Selain itu, juga terdapat produk industri kreatif hasil karya pengusaha muda Aceh seperti Kerupuk Teripang “Mare’en”, Kricos, Coklat “Cilet Coklat, Kopi “Bawadi” dan parfum “Minyeuk Pret”. Kehadiran pelaku 11 UMKM Aceh itu difasilitasi oleh Bank Indonesia Perwakilan Aceh dan Bank Indonesia Lhokseumawe.

Saat pembukaan pameran kemarin, Ibu negara Iriana Jokowi didampingi Ibu Mufidah Jusuf Kalla sempat mengunjungi stand UMKM Aceh. Mereka ikut mengagumi keberagam dan keunikan kerajinan tangan dan produk UMKM Aceh.

Iriana Jokowi dalam sambutannya mengatakan UMKM merupakan tulang punggung dan penggerak perekonomian di daerah. Untuk itu, sektor UMKM harus didukung dan dikembangkan secara optimal hingga menembus pasar global.(fit/mun)

Editor: hasyim Sumber: Serambi Indonesia Ikuti kami di Sumber: Berita Aceh

Tidak ada komentar