Kirim Berita Aceh: Klik Disini | Konfirmasi Berita Aceh: Klik Disini

Terpopuler Bulanan Ini

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Ratusan Proyek APBA belum Bisa Dilelang

Posted by On 05.23

Ratusan Proyek APBA belum Bisa Dilelang

Ratusan Proyek APBA belum Bisa Dilelang

Wakil Gubernur (Wagub) Aceh, Nova Iriansyah, mengungkapkan hingga akhir Mei 2018 masih banyak proyek APBA 2018

Ratusan Proyek APBA  belum Bisa DilelangSERAMBINEWS.COM/HERIANTOGubernur Irwandi Yusuf bersama Sekda dan Asisten II Setda Aceh berdialog usai memberi pengarahan kepada Kepala SKPA tentang pelaksaan tender APBA 2018, di Gedung Serbaguna Kator Gubernur, Senin (2/4/2018).

* Tak Lengkap Dokumen Pendukung

BANDA ACEH - Wakil Gubernur (Wagub) Aceh, Nova Iriansyah, mengungkapkan hingga akhir Mei 2018 masih banyak proyek APBA 2018 belum bisa dilelang terbuka dalam websitenya Pemerintah Aceh. Pasalnya dokumen pendukung belum lengkap. Hal ini ses uai laporan Kepala Satuan Kerja Pemerintah Aceh (SKPA) kepada Wagub yang totalnya masih mencapai ratusan proyek.

Wagub menyampaikan hal ini ketika menjawab Serambi seusai memimpin rapim evaluasi pelaksanaan proyek APBA pada Mei 2018 di ruang pertemuan P2K Setda Aceh, Kamis (31/5). Rapim yang rutin dilaksanakan Pemerintah Aceh setiap akhir atau awal bulan tahun anggaran berjalan ini, kemarin berlangsung lama karena hampir semua SKPA mengalami kendala yang sama. Sekda Aceh, Dermawan dan para Kepala SKPA ikut membahas hal ini.

“Belum lengkapnya dokumen pendukung itu antara lain lokasi proyek belum jelas, ada juga dokumen detail engineering design (DED) belum ada, nilai barang melampui pagu anggaran, spesifikasi barang yang dibuat tidak sesuai. Bahkan ada juga yang dokumen pendukungnya belum ada sama sekali, terutama usulan paket proyek otsus kabupaten/kota. Masih banyak yang belum diserahkan kepada SKPA, sehingga bagaimana bisa dilelang,” kata Wagub mengutip laporan K epala SKPA.

Menurut Wagub, sesuai laporan dari Kepala SKPA mereka sudah maksimal mengupayakan percepatan proses lelang, termasuk menurunkan staf ke kabupaten/kota untuk mengambil dokumen proyek otsus daerah tersebut. Namun, karena belum lengkap, tetap saja belum bisa dilelang.

Upaya ini juga seperti disampaikan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Aceh, Syaridin MPd yang dikonfirmasi Serambi secara terpisah. Ia mengakui masih ada sekitar 133 paket proyek Disdik Aceh belum bisa dilelang karena belum lengkapnya dokumen pendukung. Umumnya proyek dana otsus kabupaten/kota. Padahal, lanjut Syaridin, mengenai kelengkapan dokumen ini, terutama terhadap proyet otsus kabupaten/kota sudah disampaikan pihak Pemprov ke pihak Pemkab/Pemko sebelum Musrenbang Provinsi April lalu.

Hal yang sama disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Aceh, dr Hanif. Ia menyebutkan hingga kini masih ada 63 paket proyek di dinas yang dipimpinnya usulan kabupaten/kota belum bisa lelang karena dokumen bel um lengkap. (Baca proyek belum serahkan dokumen).

1.201 paket
Selain itu, masih ada 1.201 paket proyek belum bisa diupload. Wagub meminta Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setda Aceh, Nizarli mencari solusinya, sehingga semua paket proyekitu bisa ditayangkan dalam website Pemerintah Aceh dan bulan depan sudah ada pemenang tender. “Kalau penetapan pemenangnya terlambat, konsekuensinya waktu kerja makin sempit dan proyek fisik maupun pengadan barang dan jasa pada akhir tahun nanti, bakal banyak proyek yang tidak bisa diselesaikan 100 persen,” ujar Wagub Nova. (her)

proyek belum serahkan dokumen
* Disdik 133 paket * Dinkes 63 paket * Budpar 48 paket * Perindag 22 paket * Dinas PUPR 14 paket * Dinas Kelautan dan Perikanan 14 paket * Dinas Perkim delapan paket * Dinas Koperasi dam UKM delapan paket * Disnak tujuh paket * Distanbun 4 paket * Dinsos dan Arpus masing-
masing dua paket * RSUZA dan Dispora ma sing-masing satu paket * Karena dokumennya belum lengkap, maka semua proyek itu belum bisa dilelang

Editor: hasyim Sumber: Serambi Indonesia Ikuti kami di Sumber: Google News | Berita 24 Aceh

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »