Kirim Berita Aceh: Klik Disini | Konfirmasi Berita Aceh: Klik Disini

Terpopuler Bulanan Ini

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

PKA 7 Pentaskan 56 Atraksi Seni

Posted by On 01.26

PKA 7 Pentaskan 56 Atraksi Seni

PKA 7 Pentaskan 56 Atraksi Seni

Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) Ke-7 akan menghadirkan 56 atraksi seni dan budaya yang dikemas dalam tujuh kegiatan

PKA 7 Pentaskan 56 Atraksi SeniWAKIL Gubernur Aceh, Nova Iriansyah berbicara dalam konferensi pers tentang persiapan Pekan Kebudayaan Aceh di Museum Aceh, Minggu (3/6).

BANDA ACEH - Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) Ke-7 akan menghadirkan 56 atraksi seni dan budaya yang dikemas dalam tujuh kegiatan utama. Acara bertemakan ‘Aceh hebat dengan adat budaya bersyariat’ yang dipusatkan di Taman Sulthanah Safiatuddin dengan total 16 lokasi berbeda di Banda Aceh aka berlangsung, 5-15 Agustus mendatang.

“Ini merupakan jumlah kegiatan terbanyak dan bakal jadi pelaksanaan PKA terbesar selama berlangsungnya acara tersebut,” ujar Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, Amiruddin dalam konferensi pers di Museum Aceh, Banda Aceh, Minggu (3/6).

Disebutkan, kegiatan itu akan diikuti setidaknya 7.447 peserta perwakilan 23 kabupaten/kota se-Aceh, ditambah peserta utusan dari berbagai provinsi, negara-negara sahabat yang tergabung dalam Asean, serta undangan dari luar negeri lainnya. Sementara acara pembukaan rencananya dihadiri 35 ribu tamu undangan dan masyarakat.

Even empat tahunan tersebut dijadwalkan dibuka Presiden RI, Joko Widodo di Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya, Banda Aceh. Pada seremoni pembukaan, menurut Amiruddin, turut ditampilkan tari kolosal Aceh Lhee Sagoe dengan melibatkan seribu penari, pertunjukan video mapping tentang peradaban Aceh, pertunjukan tari guel, dan rapa-i pase.

Sementara Wakil Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT, mengatakan, pihaknya ingin PKA punya multieffect kepada ekonomi kerakyatan dan membangun ekonomi kreatif. “Perhelatan PKA akan menghasilkan outcome. Uangnya tidak masuk ke kas pemerintah daerah, tapi beredar di masyarakat,” ungkap Wagub yang turut hadir dalam konferensi pers tersebut.

Ditegaskan, pihaknya selaku pemerintah akan berkoordinasi dan ‘meneken kontrak’ dengan PLN dan Pemko Banda Aceh terkait ketersediaan listrik dan air bersih saat PKA berlangsung nanti.

Begitu juga dengan akomodasi, lanjut Nova, pihaknya belajar dari pelaksanaan Penas KTNA 2017. Selain hotel, menurutnya, pemerintah juga sudah memperhitungkan ketersediaan homestay dan guest house untuk tamu. “Kita juga akan kerahkan bus dari kabupaten/kota untuk kemudahan transportasi selama even akbar kebudayaan itu berlangsung,” pungkasnya.(rul)

  • < li>
Editor: bakri Sumber: Serambi Indonesia Ikuti kami di Sumber: Google News | Berita 24 Aceh

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »