Kirim Berita Aceh: Klik Disini | Konfirmasi Berita Aceh: Klik Disini

Terpopuler Bulanan Ini

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Koperasi Aceh Dapat Rp 42 M

Posted by On 19.21

Koperasi Aceh Dapat Rp 42 M

Koperasi Aceh Dapat Rp 42 M

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) tahun ini memplot Rp 1,2 triliun untuk Koperasi

Koperasi Aceh Dapat Rp 42 MBRAMAN SETYO, Dirut LPDB-KUMKM Pusat

* Pinjaman Bergulir Pusat Berbunga Rendah

BANDA ACEH - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) tahun ini memplot Rp 1,2 triliun untuk Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (KUMKM) se-Indonesia. Senilai Rp 42 miliar di antaranya untuk Aceh.

Direktur Utama (Dirut) Lembaga Pengelolaan Dana Bergulir (LPDB)-KUMKM Pusat, Drs Braman Setyo MSi, menyampaikan hal ini saat pembukaan Sosialisasai dan Bimbingan Teknis Program Inklusi LPDB-KUMKM di Hotel Grand Nanggroe, Banda Aceh , Rabu (30/5).

“Dana pinjaman bergulir itu ditempatkan Menkop di LPDB KUMKM Pusat di Jakarta. Untuk Aceh kuotanya kita alokasi Rp 42 miliar,” kata Braman.

Braman menyebutkan se-Indonesia penyaluran pinjaman ini menggunakan sistem syariah Rp 450 miliar dan sistem konvensional Rp 750 miliar. Sedangkan sasarannya untuk sektor ril KUMKM Rp 480 miliar, sektor usaha simpan pinjam koperasi Rp 120 miliar, UMKM Rp 360 miliar dan Lembaga Keuangan Bank (LB)/Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) Rp 240 miliar.

“Suku bunga pinjaman dana bergulir LPDB ini masing-masing sasaran berbeda. Misalnya untuk sektor pertanian, perikanan, dan perkebunan, yang masuk dalam program nawacita presiden, yakni lebih rendah hanya 4,5 persen,” timpal Direktur LPDB-KUMKM Pusat, Dr Jainal Aripin.

Sedangkan untuk usaha sektor ril Koperasi, UMKM, sektor manufaktur, kerajinan, dan industri kreatif, kata Jainal Aripin, suku bunga pinjamannya lima persen/tahun. Adapun kegiatan simpan pinja m diberikan bunga tujuh persen. Sementara untuk sistem syariah bagi hasilnya 70:30.

“Bagi masyarakat anggota Koperasi dan UMKM yang ingin mengetahui tata cara pengajuan pinjaman dan persyaratan peminjaman dana bergulir ini, bisa akses pada web LPDB http://www.lpdb.id,” tambah Braman Setyo.

Pada acara yang sama, Wakil Gubernur (Wagub) Aceh, Nova Iriansyah berharap seluruh peserta Sosialisasi dan Bimtek Program Inklusif LPDB-KUMKM, dapat mengikuti kegiatan ini sebaik-baiknya, sehingga paparan yang disampaikan para narasumber dari Kementerian Koperasi dan UKM serta dari LPDM-KUMKM Pusat dapat dipahami dan dikuasai dengan baik.

Sedangkan terkait jatah dana pinjaman bergulir yang diberikan untuk Koperasi dan UMKM di Aceh tahun ini Rp 42 miliar, Wagub berharap agar bisa dimanfaatkan untuk pembiayaan usaha dan tambahan modal usaha simpan pinjam koperasi, sehingga memberikan manfaat bagi pengembangan usaha koperasi dan UMKM ke depan. “Kalau usaha berkembang tentu akan menambah tenaga kerja. Program pinjaman dana bergulir dari Kemenkop dan UKM ini bisa menciptakan lapangan kerja baru dan menyerap tenaga kerja yang banyak, sehingga berdampak positif terhadap penurunan penduduk miskin dan pengangguran di daerah ini,” harap Wagub. (her)

Editor: bakri Sumber: Serambi Indonesia Ikuti kami di Sumber: Google News | Berita 24 Aceh

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »