www.AlvinAdam.com

Berita 24 Aceh

Terpopuler Bulanan Ini

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Aceh Selatan Berpotensi PSU

Posted by On 04.05

Aceh Selatan Berpotensi PSU

Aceh Selatan Berpotensi PSU

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI merekomendasikan dilakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Kabupaten Aceh Selatan

Aceh Selatan  Berpotensi PSUWarta KotaPilkada Serentak 2018

* Ada Pemilih Memilih di Dua TPS Berbeda

JAKARTA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI merekomendasikan dilakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Kabupaten Aceh Selatan karena adanya pemilih yang memilih tidak sesuai dengan TPS yang seharusnya.

“Aceh Selatan, pemilih memilih pada dua TPS yang berbeda, ini berpotensi dilakukan PSU,” kata Anggota Bawaslu, Ratna Dewi Petalolo, di kantor Bawaslu.

Selain di Aceh Selatan, Bawaslu juga merekomendasikan PSU di beberapa daerah lain, yaitu di Prov insi Papua, Kabupaten Jayawijaya. Hal ini dikarenakan adanya 681 surat suara pemilihan gubernur dan bupati yang telah tercoblos.

Dugaan pelanggaran juga terjadi di Provinsi Banten, Kabupaten Lebak. Ditemukan adanya jumlah surat suara yang telah digunakan dengan jumlah pemilih yang datang untuk mencoblos. Selain itu, dugaan pelanggaran terdapat di Provinsi Palangka Raya, karena adanyapemilih yang tidak menggunakan hak pilih.

Ditangani Panwaslih
Sementara itu, Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh Selatan mulai mengusut temuan dugaan pelanggaran pada Pilkada Aceh Selatan. Temuan tersebut berupa dugaan pencoblosan lebih dari satu kali di lokasi berbeda oleh orang yang diduga sama.

“Kasus dugaan pencoblosan lebih dari satu kali di lokasi berbeda terjadi di TPS 1 Blang Kuala dan TPS 1 Labuhan Tarok, Kecamatan Meukek. Kasus ini masuk ancaman dugaan Tindak Pidana Pemilihan,” kata Ketua Panwaslih Aceh Selatan, Hendra Saputra SSos I, kepada Serambi, Jumat (29/6).

Hendra yang pada saat itu turut didampingi dua komisioner Panwaslih Aceh Selatan lainnya, Suherdi SPdi dan Supriadi SH, mengatakan, jika nanti memang terbukti adanya pelanggaran, hal itu tetap tidak akan mempengaruhi hasil Pilkada.

“Kalau pun terbukti, tidak mungkin pemilihan ulang, yang ada pemungutan suara ulang di TPS yang bersangkutan dan perhitungan suara ulang. Jadi bukan Pilkada ulang,” ujarnya.

Menurut Hendra, tidak cukup alasan pihaknya merekomendasi pelaksanaan Pilkada ulang karena

Halaman selanjutnya 12
Editor: hasyim Sumber: Serambi Indonesia Ikuti kami di Sumber: Berita Aceh

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »