www.AlvinAdam.com

Berita 24 Aceh

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Ulama Se-Aceh Ikuti Kajian Tingkat Tinggi

Posted by On 20.43

Ulama Se-Aceh Ikuti Kajian Tingkat Tinggi

Ulama Se-Aceh Ikuti Kajian Tingkat Tinggi

Sebanyak 110 peserta terdiri atas unsur ulama, pimpinan dayah, guru dayah, akademisi, mahasiswa

Ulama Se-Aceh Ikuti Kajian Tingkat TinggiISTSilaturahmi Akbar Ulama Indonesia dengan Grand Syeikh Al Azhar

BANDA ACEH - Sebanyak 110 peserta terdiri atas unsur ulama, pimpinan dayah, guru dayah, akademisi, mahasiswa, Ormas Islam, dan santri dayah kelas tujuh se-Aceh, mengikuti kajian tingkat tinggi tentang keislaman. Acara ini di Aula Keurukon Katibul Wali/Sekretariat Lembaga Wali Nanggroe Aceh, Banda Aceh, Senin (7/5).

Kepala Dinas Syariat Islam (DSI) Aceh, Dr EMK Alidar SAg MHum mengatakan kajian tingkat tinggi ini terlaksa na berkat kerja sama DSI Aceh dengan Pengurus Forum Silaturahmi Ulama dan Umara Aceh. Kemarin, kajian ini diawali oleh angkatan I berjumlah 110 orang. Sedangkan total peserta 990 orang yang dibagi sembilan angkatan, sehingga kajian yang setiap angkatan berlangsung sehari penuh itu akan berlangsung hingga Desember 2018.

“Materi kajian tingkat tinggi ini disesuaikan dengan isu-isu strategis yang berkembang dalam masyarakat Aceh, sehingga menjadi bahan pertimbangan bagi Pemerintah Aceh dalam menetapkan berbagai kebijakan,” kata EMK Alidar yang baru pada 4 Mei 2018 dilantik jadi Kepala DSI Aceh.

Sedangkan narasumber kajian ini, kata EMK Alidar, para ulama kharismatik Aceh, akademisi, guru besar, serta dari nasional dan luar negeri yang merupakan para ulama Ahlussunnah Wal Jamaah, seperti dari Yaman, Turki, Arab, Brunei Darussalam, Malaysia, dan negara Islam lainnya.

Sementara itu, tiga narasumber kemarin masih berasal dari Aceh, yakni Tgk Ahmad Tajuddin atau leb ih dikenal Abi Lampisang (Amar Makruf Nahi Mungkar dalam Menjaga Perdamaian), Drs Tgk Muhammad Ismi Lc MA yang lebih dikenal Abu Madinah (Perbandingan Mazhab dalam Bab Ibadah), dan Dr Tgk Abdullah Sani MA (Qanun Syariat Islam dalam Kerajaan Aceh Darussalam Abad 15).

Selanjutnya Gubernur Aceh, drh Irwandi Yusuf dalam sambutannya dibacakan Asisten I Bidang Pemerintahan dan Keistimewaan, Dr M Jafar SH MHum, saat membuka acara itu antara lain mengatakan forum ini sekaligus sebagai wahana memperkuat hubungan ulama dan umara di Aceh agar saling mendukung dalam menjalankan pembangunan. Pada kesempatan itu, Wali Nanggroe, Malik Mahmud Al Haytar juga ikut menyampaikan sambutan yang dibacakan

Kepala Sekretariat Lembaga Wali Nanggroe Aceh/Keurukon Katibul Wali, Drs Syaiba Ibrahim. (sal/rel)

Editor: bakri Sumber: Serambi Indonesia Ikuti kami di Sumber: Google News | Berita 24 Aceh

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »