www.AlvinAdam.com

Berita 24 Aceh

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Toko Tani Indonesia Center Aceh Diresmikan

Posted by On 08.26

Toko Tani Indonesia Center Aceh Diresmikan

Toko Tani Indonesia Center Aceh Diresmikan

Gubernur Aceh diwakili, Dermawan meresmikan Toko Tani Indonesia Center (TTIC) provinsi Aceh

Toko Tani Indonesia Center Aceh DiresmikanMenteri Perdagangan Enggartiasto Lukita (kanan) mengunjungi Pasar Rogojampi, Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (10/5). Kunjungan kerja Mendag ke Banyuwangi tersebut untuk memantau harga bahan pokok di pasar tradisional menjelang Ramadhan.

BANDA ACEH - Gubernur Aceh diwakili, Dermawan meresmikan Toko Tani Indonesia Center (TTIC) provinsi Aceh, di Jalan Gabus, Lampriek, Banda Aceh, Rabu (9/5). Kehadiran toko tani tersebut merupakan bagian dari program nasional untuk mengembangkan 5.000 unit TTIC di seluruh Indonesia .

Sekda Aceh, Dermawan dalam sambutannya menyampaikan dengan kehadiran toko tersebut masyarakat dapat lebih mudah mendapatkan bahan pangan harga terjangkau, sehingga kesulitan dan keluhan dalam mendapatkan pangan yang terjadi selama ini tidak terjadi lagi.

“Insya Allah Toko Tani Indonesia Center yang diresmikan ini dapat menyediakan semua kebutuhan bagi masyarakat Aceh,” ujarnya.

Ia menambahkan berkaitan dengan kebutuhan pangan, Pemerintah Aceh sebagaimana tercantum dalam RPJM Aceh 2017-2022 sudah menjadikannya sebagai salah satu dari 15 program unggulan untuk membuka akses seluasnya bagi masyarakat terhadap kebutuhan pangan.

“Program kita bukan hanya fokus pada peningkatan produksi dan produktivitas petani, tapi juga menyangkut kemudahan distribusi dan penjualan agar lebih cepat dan menguntungkan para pihak baik itu petani maupun konsumen,” sebutnya.

Di samping itu, dikatakan, para petani melalui gabungan kelompok usaha tani (Gapoktan) jug a akan sengat terbantu melalui TTIC ini, karena petani dapat menjual hasil pertaniannya kepada konsumen. Sehingga rantai bisnis yang kerap mengurangi keuntungan petani akan dapat dipersingkat.

Sementara Kepala Dinas Pangan Aceh, Dr Ir Ilyas MP menjelaskan sektor pangan merupakan kunci utama dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di Aceh. Sebab sekitar 30 persen dari luas daratan Aceh adalah lahan pertanian dan perkebunan.

“Dari sekitar 5 juta lebih penduduk Aceh, 70 persen diantaranya tinggal di pedesaan, dan 70 persen dari mereka adalah petani. Sektor pertanian juga menyerap tenaga kerja terbesar di Aceh, yakni hampir 35 persen dari jumlah angkatan kerja yang ada. Tidak heran jika kontribusi sektor ini terhadap PDRB Aceh setiap tahunnya di atas 25 persen,” sebutnya.

Ilyas melanjutkan untuk memberikan akses yang lebih luas kepada masyarakat, sejak dua tahun lalu pihaknya telah mengoperasikan sejumlah TTI di kabupaten/kota. Dengan adanya TTI-C dan TTI di seluruh wilayah Aceh, akses pangan akan meningkat karena konsumen akan mudah mengakses komoditas pangan langsung berasal dari Gapoktan. (una/rel)

Editor: bakri Sumber: Serambi Indonesia Ikuti kami di Sumber: Google News | Berita 24 Aceh

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »