Kirim Berita Aceh: Klik Disini | Konfirmasi Berita Aceh: Klik Disini

Terpopuler Bulanan Ini

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Gelar Ketiga Aceh Besar

Posted by On 20.43

Gelar Ketiga Aceh Besar

Gelar Ketiga Aceh Besar

Kontingen Aceh Besar meraih juara umum Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Ke-XV 2018

Gelar Ketiga Aceh BesarWAGUB Aceh, Nova Iriansyah menyerahkan piala bergilir kepada juara umum Popda yang diterima Kadispora Aceh Besar, Ridwan Jamil di Lapangan Musara Alun, Kota Takengon, Aceh Tengah, petang kemarin.

* Kembali Juara Umum Popda

TAKENGON - Kontingen Aceh Besar meraih juara umum Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Ke-XV 2018, setelah merebut 14 medali emas, 8 perak, dan 7 perunggu. Hasil ini membuat mereka sukses mempertahankan gelarnya.

Pelaksanaan Popda ke-XV yang diselenggarakan di Kota Takengon, Aceh Tengah ditutup Wakil G ubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah, Selasa (8/5), di Lapangan Musara Alun.

Bagi Aceh Besar, ini merupakan gelar ketiga mereka selama mengikuti gelaran even dua tahunan tersebut. Gelar pertama diraih ketika Popda 2008 di Tapaktuan, Aceh Selatan. Kemudian diulang kembali 2016 di Kota Langsa. Gelar ketiga direngkuh di Dataran Gayo sehingga mampu mewujudkan target Bupati Mawardi Ali, dan Kadispora Ridwan Jamil.

Setelah bertarung selama sepekan, peringkat kedua diraih Kota Langsa dengan 11 medali emas, 12 perak dan 5 medali perunggu. Selanjutnya, posisi ketiga Kabupaten Pidie, 10 medali emas, 5 perak dan 8 perunggu. Sementara kontingen tuan rumah hanya mampu mengoleksi 3 medali emas, 3 perak dan 14 medali perunggu, sehingga harus puas di posisi 10.

Meski berada di posisi 10, namun kontingen tuan rumah mengaku puas dengan prestasi itu. Hal tersebut, disampaikan langsung oleh Bupati Aceh, Shabela Abubakar, ketika menyampaikan sambutannya di acara penutupan Popda ke-XV. †œWalaupun kami berada di urutan 10, tapi kami bangga. Tuan rumah harus mengalah,” kata Shabela Abubakar sedikit berkelakar.

Sementara itu, Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, ketika menutup Popda ke-XV, menyampaikan, untuk meningkatkan prestasi olahraga harus dimulai dari pembinaan usia dini. “Tentu diwajibkan agar setiap daerah dapat menggelar kompetisi berjenjang seperti ini, guna memberikan kesempatan kepada pelajar untuk tampil dan mengasah bakatnya,” kata Nova Iriansyah.

Dia menambahkan, siapapun yang menjadi juara di Popda, harus mampu berkompetisi bukan hanya ditingkat provinsi, tetapi bisa menembus tingkat nasional untuk mengharumkan nama Aceh di Indonesia. “Penjaringan seperti ini disebut sebagai sistem piramida. Semua potensi kita beri ruang ikut bersaing untuk menjadi terbaik dijenjangnya,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Wagub Aceh, mengaspresiasi para pelajar Aceh atas antusiasnya dalam mengikuti kompetisi. Harapannya, dapat mendorong pe lajar berlatih dan menempa diri. “Bagi yang memperoleh juara, saatnya mempersiapkan diri untuk mengikuti kejuaran se Sumatra. Yang belum berhasil jangan patah semangat, karena masih banyak kesempatan untuk meraih prestasi,” ujar Nova Iriansyah.

Kadispora Aceh Besar, Ridwan Jamil secara terbuka mengaku, keberhasilan mereka mempertahankan gelar Popda di Takengon menjadi hadiah HUT Ke-34 Kota Jantho. “Terima kasih kepada atlet, pelatih, dan ofisial yang sudah mewujudkan target, dan hadiah untuk HUT Kota Jantho,”

Ridwan Jamil menyebutkan, jumlah medali emas tersebut berasal dari cabang pencak silat, atletik, tenis lapangan, karate, dan taekwondo. Bahkan, keberhasilan ini semakin lengkap karena pencak silat dan atletik berhasil keluar sebagai juara umum. “Alhamdulillah, kita mampu memenuhi target yang dibebankan oleh Bupati Ir Mawardi Ali ketika melepas atlet,” ungkap RJâ€"sapaan akrab Ridwan Jamilâ€".

Sementara Ketua Umum Pengcab IPSI Aceh Besar, Bahrul Jamil mengaku puas dan bangga ketika para atletnya sukses ke luar sebagai juara umum. Tiga medali emas itu disumbangkan oleh Nailul Authar, Aula Riskan, dan Ridwan Anggara. Sementara perak oleh Miftah Safrida Lestari, dan Zia Ulhaq Febriansyah (perunggu).

“Kami sangat bangga karena atlet pencak silat berhasil memastikan gelar juara umum Popda. Terima kasih banyak atas perjuangan berat selama Popda bagi atlet, dan pelatih,” pungkas Bahrul Jamil.(my/c51/ran)

Editor: bakri Sumber: Serambi Indonesia Ikuti kami di Sumber: Google News | Berita 24 Aceh

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »