www.AlvinAdam.com

Berita 24 Aceh

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Pariwisata Bisa Dongkrak Perekonomian Banda Aceh

Posted by On 00.22

Pariwisata Bisa Dongkrak Perekonomian Banda Aceh

Pariwisata Bisa Dongkrak Perekonomian Banda Aceh

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Aceh, Zainal Arifin Lubis, menyampaikan bahwa Banda Aceh memiliki keunggulan

Pariwisata Bisa Dongkrak Perekonomian Banda AcehZAINAL ARIFIN LUBIS, Kepala Kantor Perwakilan BI Aceh

BANDA ACEH - Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Aceh, Zainal Arifin Lubis, menyampaikan bahwa Banda Aceh memiliki keunggulan di sektor pariwisata yang apabila digarap dengan optimal akan mampu mendongkrak perekonomian kota Banda Aceh. “Meski begitu, pariwisata Banda Aceh tidak bisa berdiri sendiri, tapi perlu menjalin hubungan dengan daerah lain seperti Aceh Besar dan Sabang,” katanya dalam pertemuan den gan Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, di Pendopo Wali Kota, Senin (2/4).

Menurut Zainal Arifin Lubis, pariwisata Banda Aceh dapat maju pesat apabila terkoneksi dengan kabupaten/kota tetangga, dan prasyaratnya semua kebutuhan turis tercukupi seperti hotel, transportasi, serta sarana dan pra sarana lainnya termasuk kebersihan.

“Apa kepentingan bagi BI? Jika semakin banyak wisatawan yang datang, tentu devisa negara juga akan bertambah. Intinya, kami siap mensupport pak wali melalui dinas dan bagian terkait untuk memajukan sektor pariwisata Banda Aceh,” pungkasnya.

Dalam pertemuan itu juga dihadiri Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdako Banda Aceh Iskandar, Kadis Koperasi UKM dan Perdagangan T Iwan Kesuma, dan Kabag Administrasi Perekonomian Setdako Banda Aceh M Ridha.

Sementara Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, menyampaikan, tahun ini Banda Aceh menargetkan jumlah kunjungan wisatawan sebanyak dua kali lipat dari tahun sebelumnya. “Targe t 2018 sebanyak 500 ribu wisatawan domestik dan mancanegara, dan 1 juta pada 2019. Angka tersebut juga akan terdongkrak dengan pergelaran sejumlah even besar di Banda Aceh pada tahun ini seperti muzakarah ulama se-dunia, pekan kebudayaan aceh, dan rangkaian acara peringatan HUT Banda Aceh ke-813,” katanya.

Dikatakan, khusus dalam rangka menyambut hari jadi Banda Aceh pada 22 April nanti, pihaknya memilih tema “I Love Banda Aceh”. Tema ini sengaja dipilih kembali untuk mendorong gerakan masyarakat mencintai kotanya, terutama dalam hal kebersihan.

Pada kesempatan itu, Wali Kota juga memaparkan sejumlah proyek pariwisata yang akan dikerjakan di Banda Aceh, antaranya pengembangan kawasan Ulee Lheue sebagai pusat kuliner dan wisata pantai. “Di sana juga akan kita bangun lokasi zikir bertaraf internasional untuk menjaring wisatawan muslim dunia,” ujarnya.

Aminullah menambahkan selain itu pada tahun ini proyek water front city di bantaran Krueng Aceh dan Krue ng Daroy juga mulai dibangun. Di Taman Sari juga akan dibangun panggung permanen untuk penampilan seni dan budaya khas Aceh setiap minggunya.(una/rel)

Editor: bakri Sumber: Serambi Indonesia Ikuti kami di Sumber: Google News | Berita 24 Aceh

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »