www.AlvinAdam.com

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Bukan Sekadar Formalitas dan Seremonial

Posted by On 00.22

Bukan Sekadar Formalitas dan Seremonial

Bukan Sekadar Formalitas dan Seremonial

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPA 2019 merupakan musrenbang pertama pada era pemerintahan

Bukan Sekadar Formalitas dan Seremonial

* MUSRENBANG RENCANA KERJA PEMERINTAH ACEH (RKPA) TAHUN 2019

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPA 2019 merupakan musrenbang pertama pada era pemerintahan Irwandi-Nova untuk mewujudkan APBA yang berkualitas menuju “Aceh Hebat” yang diawali oleh proses pelaksanaan musrenbang yang berkualitas, bukan sekadar formalitas dan seremonial.

Musrenbang RKPA 2019 akan dibuka oleh Gubernur Aceh pada 16 April 2018 yang dilanjutkan dengan pembahasan usulan program/kegiatan sampai dengan tanggal 2 8 April 2018. Sehubungan dengan pelaksanaan tersebut, bersama ini kami sampaikan kepada seluruh pemangku kepentingan (stakeholders) hal-hal sebagai berikut:

1. Usulan program/kegiatan tahun 2019 harus melalui proses pembahasan Musrenbang 2018, baik yang diusulkan oleh bupati/wali kota, SKPA, DPRAâ€"berupa aspirasi masyarakat dalam bentuk pokok-pokok pikiran (Pokir)â€"maupun yang diusulkan masyarakat dan stakeholders lainnya.

2. Batas waktu penyampaian usulan program/kegiatan sebagai berikut:
a. Bupati/wali kota dan SKPA memedomani surat Gubernur Aceh Nomor: 580/11201 dan surat Sekretaris Daerah Aceh Nomor: 050/11291.
b. DPRA sesuai dengan maksud surat Gubernur Aceh Nomor: 050/1773 tanggal 16 Januari 2018 atau paling lambat satu minggu sebelum musrenbang dilaksanakan.
c. Khusus masyarakat dan stakeholders lainnya, usulan ditujukan kepada Gubernur Aceh paling lambat 9 April 2018.

3. Usulan program/kegiatan harus dilengkapi dengan dokumen pendukung.

4. Usulan program/kegiatan harus selaras dengan prioritas pembangunan Aceh 2019 yaitu: a) Penurunan angka kemiskinan dan pengangguran; b) Peningkatan aksesibilitas dan kualitas kesehatan; c) Pengurangan kesenjangan antarwilayah melalui pengembangan kawasan strategis dan penguatan konektivitas; d) Peningkatan ketahanan pangan dan energi; e) Penguatan dienul Islam dan peningkatan kualitas pendidikan; f) Peningkatan investasi dan nilai tambah hasil pertanian, industri kreatif dan pariwisata; g) Optimalisasi sumber daya alam berlanjutan dan penurunan risiko bencana; dan h) Penataan reformasi birokrasi dan penguatan perdamaian.

5. Penginputan program/kegiatan Tahun Anggaran 2019 merupakan tahun pertama yang terintegrasi antara sistem e-planning dengan e-budgeting sehingga usulan diluar musrenbang tidak dapat diakomodir.

Demikian kami sampaikan kepada seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat umum untuk dimaklumi dan dipedomani. (adv)

Editor: bakri Sumber: Serambi Indonesia Ikuti kami di Sumber: Google News | Berita 24 Aceh

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »