GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Sail Sabang 2017, event terbesar yang pernah digelar di Indonesia

Sail Sabang 2017, event terbesar yang pernah digelar di Indonesia

Merdeka > Peristiwa …

Sail Sabang 2017, event terbesar yang pernah digelar di Indonesia

Merdeka > Peristiwa Sail Sabang 2017, event terbesar yang pernah digelar di Indonesia Jumat, 1 Desember 2017 10:49 Reporter : Hery H Winarno KRI Dewa Ruci tiba di Sabang. ©2017 merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Menteri Pariwisata Arief Yahya menyebut bahwa Sail Sabang 2017 di Kota Sabang, Nanggroe Aceh Darussalam, adalah yang terbesar dibandingkan acara sail yang pernah digelar sebelumnya. Menurut Arief ada tiga alasan mengapa Sail Sabang kali ini jadi yang terbesar.

"Ini Sail yang paling besar. Ini karena tiga hal yaitu jumlah pesertanya terbesar, pengunjungnya terbesar dan jumlah event-nya terbesar. Jadi karena tiga hal itu," kata Arief saat berkunjung ke Pelabuhan Balohan, Kota Sabang, Aceh, Kamis (30/11/2017).

Kementerian yang dikomandoi oleh Arief ini mencatat bahwa jumlah penonton acara Sail Sabang per 30 November 2017 mencapai 20 ribu orang. "Jumlah ini 15 persennya adalah wisatawan mancanegara," jelas Arief.

Arief menyebut Sail Sabang 2017 memiliki 46 event sejak dibuka pada 28 November lalu. Sedangkan pada acara puncak acara Sail Sabang pada Sabtu Besok rencananya akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo. Sejauh ini, menurut Arief, persiapan acara puncak Sail Sabang sudah 100 persen.

Dalam puncak acara Sail Sabang 2017 akan menampilkan tarian kolosal Laksamana Malahayati; toll ship parade (melayarkan KRI Bima Suci dari Spanyol dan mengundang tall ship atau kapal dengan layar tinggi dari negara-negara yang dilewati seperti India, Malaysia, Thailand, dan Singapura); diikuti Kapal Pemuda Nusantara, kapal riset Baruna Jaya IV dan Baruna Jaya VIII, konvoi 100 kapal yachtpeserta Sail Sabang 2017 dari Langkawi, Phuket, Singapura, Australia, Eropa, dan parade kapal nelayan tradisional.

Selain itu, sejumlah kegiatan sebagai supporting event juga digelar antara lain Jambore Iptek, International Freediving Competition, Sabang Underwater Contest, Sabang Carnival, Kapal Pemuda Nusantara, Aceh Culinary and Coffee Festival, Sabang Wonderful Expo and Marine Expo, Sales Mission Cruise Operator and Yacht, juga Seminar Wisata Bahari.

Sebelumnya Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah MT mengatakan, Sail Sabang 2017 akan menjadi penyelenggaraan sail terbesar yang pernah digelar di Nusantara. Menurut Wagub, Sail Sabang merupakan ajang multinasional dan multi even, yang di dalamnya terdapat banyak rangkaian kegiatan yang bersinggungan dengan militer, kepemudaan, keagamaan, hingga kebudayaan.

"Menteri sudah berobsesi supaya Sail Sabang ini harus menjadi sail terbesar yang pernah diselenggarakan di Indonesia, tinggal kita saja dalam menyiapkannya," ujar Wagub Aceh saat pembukaan Sail Sabang Selasa (28/11) lalu.

Menurut Wagub, Pemerintah Aceh, dalam hal ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh sebagai leading sektornya terus mematangkan pelaksanaan Sail Sabang. Diaa menambahkan, even internasional yang akan dihadiri sekitar 4 ribu undangan pada hari acara puncak nanti diharapkan mampu memberikan multi efek. Mulai dari semakin dikenalnya Sabang oleh masyarakat internasional, kemudian para tamu akan kembali lagi di waktu yang lain, serta masuknya pihak-pihak yang ingin menyelenggarakan even, maupun melakukan investasi di Sabang. Hingga diharapkan, Sail Sabang ini menjadi salah satu pintu masuk bagi investor ke pulau paling barat Indonesia itu.

[hrs]

Topik berita Terkait:
  1. Sail Sabang
  2. Kementerian Pariwisata
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Rekomendasi

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.


Sumber: Google News | Berita 24 Aceh

Tidak ada komentar