www.AlvinAdam.com

Berita 24 Aceh

Terpopuler Bulanan Ini

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Sabang-Banda Aceh Dilayani KMP BRR

Posted by On 05.29

Sabang-Banda Aceh Dilayani KMP BRR

Sabang-Banda Aceh Dilayani KMP BRR

Memasuki musim liburan sekolah dan tahun baru masehi, jumlah wisatawan menuju Sabang di Pelabuhan Ulee

Sabang-Banda Aceh Dilayani KMP BRRKENDARAAN pribadi dan angkutan barang mulai antre di Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh, Jumat (22/12). Dalam beberapa hari ke depan diperkirakan akan terjadi peningkatan penumpang menuju Balohan Sabang jelang libur panjang akhir tahun.

* Jumlah Wisatawan Mulai Meningkat

BANDA ACEH - Memasuki musim liburan sekolah dan tahun baru masehi, jumlah wisatawan menuju Sabang di Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh, sejak Jumat (22/12) mulai meningkat. Meski mulai menunjukkan peningkatan, namun pelayaran Sabang- Banda Aceh hanya dilayani KMP BRR. Sedangkan KMP Tanjung Burang dalam kondisi rusak dan KMP Belanak sudah ditarik kembali ke Sumatera Utara.

Kepala UPTD Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh, Aqil Perdana, kepada Serambi kemarin mengatakan, sejak kemarin wisatawan dengan membawa keluarga sudah mulai ramai memasuki Pelabuhan Ulee Lheue. Rata-rata mereka membawa mobil pribadi, sehingga antrean juga sudah tampak di Kompleks Pelabuhan. Selain mobil pribadi, juga terdapat antrean belasan truk pengangkut material dan sembako.

“Kita berharap ada penambahan kapal untuk menghadapi musim liburan dan tahun baru. Atau dipercepatlah perbaikan KMP Tanjung Burang, karena nanti bisa terjadi penumpukan penumpang di UPTD (Pelabuhan Ulee Lheue),” ujar Aqil.

Dalam melayani penumpang, pihak PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry hanya mengoperasikan KMP BRR yang berlayar sebanyak tiga trip, bahkan trip terakhir berlayar hingga malam hari. Sedangkan KMP Tan jung Burang yang seharusnya melayani rute tersebut, saat ini sedang dalam perbaikan. KMP Belanak yang sebelumnya sempat diperbantukan saat Sail Sabang saat ini sudah ditarik kembali ke rute Sibolga, Sumatera Utara.

Aqil menambahkan, jika nanti jumlah penumpang terus meningkat, maka kemungkinan KMP Papuyu yang melayani rute Banda Aceh-Pulau Nasi akan dialihkan ke rute Sabang. Namun masalahnya, KMP Papuyu sering terkendala dan tidak bisa berlayar jika cuaca buruk, karena kapalnya rendah, serta kapasitas muatan kendaraan yang kecil.

Dikatakan Aqil, untuk penumpang tanpa kendaraan tidak akan mengalami kendala. Karena mereka dapat dilayani oleh kapal cepat, saat ini terdapat empat kapal cepat yang melayani rute banda Aceh - Sabang dengan kapasitas penumpang keseluruhan mencapai 1.300-an per trip.

Sedangkan bagi wisatawan yang tidak ingin mengantre, maka mereka dapat menitip mobil di hanggar Pelabuhan Ulee Lheue. Pelabuhan menetap tarif penitipan mobil di hanggar Rp 2 0 ribu/mobil/malam, sedangkan di luar hanggar Rp 10 ribu/mobil/malam, untuk roda dua dikenakan tarif Rp 5 ribu/malam/kendaraan. Di Sabang wisatawan dapat menyewa mobil maupun sepeda motor.

Kabid Pelayaran Dinas Perhubungan Aceh, T Faisal MT, mengatakan, pihaknya sudah menyurati pihak PT ASDP dan meminta supaya ada penambahan kapal untuk rute Sabang-Banda Aceh. Sebab, musim liburan sekolah dan tahun baru, wisatawan yang menuju Sabang akan meningkat.

Karena saat ini pelayaran di rute Banda Aceh-Sabang hanya dilayani oleh KMP BRR, T Faisal juga ikut khawatir. Sebab jika nanti ada kendala dengan kapal tersebut, maka sudah tidak ada kapal pengganti untuk membantu mengangkut penumpang. Sedangkan KMP Papuyu memiliki kapasitas kecil dan tidak bisa berlayar dalam gelombang tinggi.

Ia meminta supaya ASDP dapat membantu kapal dari rute lain ke Sabang. Karena berdasarkan pengalaman liburan sekolah dan tahun baru sebelumnya, akan ada ratusan kendaraan yang mengantre untuk ma suk dan keluar Sabang.

Sebelumnya, kata T Faisal, Ombudsman Aceh juga sudah meminta pihak operator penyeberangan supaya menambah kapal. Karena ketersedian kapal yang memadai merupakan bagin dari pelayanan publik.(mun)

Editor: bakri Sumber: Serambi Indonesia Ikuti kami di Sumber: Google News | Berita 24 Aceh

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »