GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Gubernur Aceh Serahkan DIPA Kabupaten/Kota

Gubernur Aceh Serahkan DIPA Kabupaten/Kota

Gubernur Aceh Serahkan DIPA Kabupaten/Kota Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf, Kamis kemarin, di Gedung Serbaguna Setda Aceh menyerahkan dokumen DaftarJumat, 15 Desember 2017 11:17Irwandi Yus…

Gubernur Aceh Serahkan DIPA Kabupaten/Kota

Gubernur Aceh Serahkan DIPA Kabupaten/Kota

Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf, Kamis kemarin, di Gedung Serbaguna Setda Aceh menyerahkan dokumen Daftar

Gubernur Aceh Serahkan DIPA Kabupaten/KotaIrwandi Yusuf

* 14 Daerah Dapat Dana Insentif Rp 421 M

BANDA ACEH - Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf, Kamis kemarin, di Gedung Serbaguna Setda Aceh menyerahkan dokumen Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) 2018 kepada para bupati/wali kota se-Aceh serta instansi vertikal dan Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA).

“Total DIPA Aceh tahun 2018 yang saya serahkan cukup besar, mencapai 48,6 miliar, naik senilai 1,9 triliun dibanding tahun lalu sebesar 46,7 triliun rupiah,” kata Irwandi Yusuf dalam pidaton ya pada saat penyerahan DIPA APBN 2018 kepada pihak yang berha kemarin.

Irwandi merinci, DIPA Aceh 2018 senilai Rp 48,6 triliun itu, terdiri atas DIPA belanja kementerian dan lembaga negara (instansi vertikal) yang terdapat di Aceh, antara lain, Kodam Iskandar Muda, Polda, BPK, BPKP, Kanwil Agama, Universitas Syiah Kuala, UIN Ar-Raniry, dan lainnya, senilai Rp 13,8 triliun.

Kemudian, dana transfer pusat untuk Pemerintah Aceh dan 23 pemerintah kabupaten/kota di Aceh senilai Rp 34,8 triliun. Sedangkan untuk alokasi dana otonomi khusus, besarannya hampir sama dengan tahun lalu, yakni Rp 8,03 triliun.

Untuk tahun ini, kata Irwandi, ada 14 kabupaten/kota yang diberikan dana insentif daerah (DID) oleh Kementerian Keuangan, atas prestasi kinerja pelaporan penggunaan keuangan yang telah diberikan kepadanya pada tahun lalu yang dilaksanakan tepat waktu. Nilai dana DID-nya Rp 421 miliar.

Dari 14 kabupaten/kota penerima DID itu, yang terbesar adalah Pemkab Simeuleu senilai Rp 43,5 miliar, kedua Pemkab Bener Meriah Rp 35,75 miliar, ketiga Pemko Banda Aceh Rp 35,5 miliar, dan keempat Aceh Jaya Rp 35,5 miliar dan sepuluh kabupaten/kota lainnya.

Penghargaan dana insentif daerah yang diberikan pusat kepada 14 kabupaten/kota,yang teleh bekinerja baik dalam pengelolaan keuangan daerahnya itu, kata Irwandi Yusuf, hendaknya dijadikan contoh bagi daerah lain yang belum pernah mendapat dana insentif daerah tersebut, agar tahun depan bisa memperolehnya.

Dana insentif daerah itu, kata Irwandi, sangat diperlukan dan dibutuhkan daerah untuk menambah belanja pembangunan daerahnya, agar bisa lebih banyak lagi program dan kegiatan pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan, sosial dan buadaya, daerahnya yang sangat mendesak, bisa dibiayai.

Pada kesempatan ini, Irwandi berpesan kepada bupati/wali kota yang telah menerima DIPA agar segera menyerahkan DIPA-nya kepada satuan kerja di daerah masing-masing pada bulan Desember ini juga. Tuju annya, agar program dan kegiatan yang terdapat dalam DIPA 2018 itu bisa berjalan mulai awal tahun depan.

Halaman selanjutnya 12
Editor: bakri Sumber: Serambi Indonesia Ikuti kami di Sumber: Google News | Berita 24 Aceh

Tidak ada komentar