www.AlvinAdam.com

Berita 24 Aceh

Terpopuler Bulanan Ini

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Investasi Proyek Tol Aceh Sedang Dihitung

Posted by On 06.55

Investasi Proyek Tol Aceh Sedang Dihitung

Investasi Proyek Tol Aceh Sedang Dihitung

Setelah Tim Persiapan Pengadaan Tanah mengumumkan penetapan lokasi pembangunan jalan Tol Aceh ruas Banda Aceh Sigli

Investasi Proyek Tol  Aceh Sedang DihitungPeta jalan tol

BANDA ACEH - Setelah Tim Persiapan Pengadaan Tanah mengumumkan penetapan lokasi pembangunan jalan Tol Aceh ruas Banda Aceh Sigli, 13 Oktober 2017, kini pelaksanaan proyek jalan ini memasuki tahapan penghitungan biaya investasi dan prospek ekonominya.

“PT Hutama Karya selaku kontraktor yang akan mengerjakan proyek jalan Tol Aceh, saat ini sedang menghitung biaya investasi yang diperkirakan mencapai triliunan rupiah itu,” kata Satker Pengadaan Tanah Jalan Tol Aceh, Alvi menjawab Serambi, Jumat (1 7/11).

Alvi menyebutkan setelah tahapan ini, baru dilanjutkan pelelangan pekerjaan pembuatan desain jalan yang hendak dibangun untuk kemudian dibuat perencanaan dan jadwal pembangunan fisiknya. Adapun pengukuran lahan masyarakat yang terkena jalan Tol Aceh ruas Banda Aceh-Sigli 74,213 Km itu tetap dilakukan dengan perkiraan anggaran mencapai ratusan miliar.

“Dana yang akan digunakan, bisa saja dari dana talangan pemerintah, maupun sumber lainnya,” kata Alvi.

Alvi menjelaskan PT Hutama Karya selaku BUMN Kementerian PUPR yang ditunjuk sebagai pelaksana proyek jalan Tol Aceh harus melaporkan kebutuhan pembiayaan proyek ini kepada Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT). Selain itu, kata Alvi masih ada pekerjaan berat lainnya, yaitu pengurusan izin pinjam pakai wilayah hutan produksi dan lindung yang terkena lintasan jalan Tol Aceh ruas Banda Aceh-Sigli tersebut.

“Dari 800 hektare lahan yang dibutuhkan untuk pelaksanaan ruas jalan Tol Aceh itu, sekitar 200 hekt are di antaranya mengenai areal hutan produksi dan lindung di Aceh Besar. Karena itu, Kementerian PUPR bersama Pemerintah Aceh harus mengusulkan permohonan penggunaan pinjam pakai kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan,” jelas Alvi.

Alvi mengatakan pihaknya berharap Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Aceh, bersama instansi terkait lainnya turut membantu penyediaan persyaratan dibutuhkan.

Akan Diawali di Areal
Berpenduduk Sedikit
SATKER Pengadaan Tanah Jalan Tol Aceh, Alvi menambahkan pembangunan fisik proyek jalan tol dari Banda Aceh-Sigli ini akan diawali di areal berpenduduk sedikit agar tak banyak kendala, seperti di ruas Blangbintang-Indrapuri 13 Km. Sedangkan untuk rute Baitusalam-Darussalam-Kuta Baro-Blangbintang, dilakukan setelah masyarakatnya pindah ke tempat lain.

“Kalau bisa sebelum habis masa Pemerintahan Presiden Jokowi dan Wakilnya Jusu Kalla pada tahun 2019, proyek jalan Tol Aceh ruas Ban da Aceh-Sigli itu bisa diresmikan presiden,” demikian Alvi. (her)

Editor: hasyim Sumber: Serambi Indonesia Ikuti kami di Sumber: Google News | Berita 24 Aceh

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »