GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Inong Aceh akan Duek Pakat Lagi, Ini Jadwalnya

Inong Aceh akan Duek Pakat Lagi, Ini Jadwalnya

Inong Aceh akan Duek Pakat Lagi, Ini Jadwalnya Kepala Presidium Balai Syura, Nursiti SH MHum menjelaskan, mereka terdiri dari berbagai unsur dan profesi dari 23 kab/kota di Aceh.Rab…

Inong Aceh akan Duek Pakat Lagi, Ini Jadwalnya

Inong Aceh akan Duek Pakat Lagi, Ini Jadwalnya

Kepala Presidium Balai Syura, Nursiti SH MHum menjelaskan, mereka terdiri dari berbagai unsur dan profesi dari 23 kab/kota di Aceh.

Inong Aceh akan Duek Pakat Lagi, Ini JadwalnyaSERAMBINEWS.COM/NANI HSKepala Presidium Balai Syura, Nursiti SH MHum dalam konferensi pers di gedung Pemberdayaan Perlindungan Perempuan dan Anak Banda Aceh, Rabu (15/11/2017).

Laporan Nani HS | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Sebanyak 350 perempuan di Aceh akan hadir di seminar umum Duek Pakat Inong Aceh (DPIA) IV, di Banda Aceh, (23-25/11/2017).

Kepala Presidium Balai Syura, Nursiti SH MHum menjelaskan, mereka terdiri dari ber bagai unsur dan profesi dari 23 kab/kota di Aceh.

"Kali ini DPIA mengusung tema Pemenuhan Hak-hak Perempuan Aceh," katanya dalam konferensi pers di gedung Pemberdayaan Perlindungan Perempuan dan Anak di Banda Aceh, Rabu (15/11/2017).

Menurutnya, DPIA I dilangsungkan pada 19 hingga 22 Februari 2000 di Banda Aceh.

(Baca: Curhat Inong Aceh)

Waktu itu menghasilkan 22 rekomendasi dalam upaya mencari penyelesaian kasus Aceh yang sedang dilanda konflik bersenjata pada waktu itu.

Dari DPIA I inilah kemudian terbentuknya Balai Syura Ureung Inong Aceh (BSUIA/Balai Syura). Tujuannya, untuk menjalankan mandat yang direkomendasikan pada DPIA I.

"Balai Syura adalah sebuah organisasi yang terbentuk setelah diselenggarakannya DPIA I," papar Nursiti.

Lalu enam bulan setelah Aceh dilanda musibah tsunami, pada 15 hingga 20 Juni 2005 diselenggarakan DPIA II.

Sesuai dengan situasi dan kondisi Aceh saat itu, DPIA II melahirkan 36 rekomendasi yang menjadi mandat untuk dijalankan pada periode 2005-2010

Terakhir DPIA III yang dilaksanakan pada 28 hingga 30 Maret 2011, melahirkan 3 rekomendasi, yang prioritasnya adalah pada pemenuhan hak perempuan korban kekerasan, advokasi kebijakan syariat Islam yang berkeadilan dan penguatan hak politk perempuan.

(Baca: 4 Perempuan Aceh Ini Meraih Penghargaan Internasional, Begini Kisah dan Perjuangan Mereka)

"Sejak berdirinya sampai dengan saat ini Balai Syura telah mengambil peran dalam melakukan advokasi berbagai kebijakan dan peningkatan kapasitas organisasi dan kelompok-kelompok perempuan," ujar Nursiti lagi.

Ia berharap pada duek Pakat Inong Aceh IV nanti bisa memetakan kembali posisi perempuan Aceh saat ini. Juga diharapkan bisa menghasilkan rekomenda baru. Baik melalui seminar, sidang-sidang sidang komisi, dan lain-lain. (*)

Penulis: Nani HS Editor: Yusmadi Sumber: Serambi Indonesia Ikuti kami di Sumber: Google News | Berita 24 Aceh

Tidak ada komentar