GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Banjir Landa Aceh Jaya dan Aceh Barat

Banjir Landa Aceh Jaya dan Aceh Barat

Banjir Landa Aceh Jaya dan Aceh Barat Curah hujan yang tinggi sejak tiga hari terakhir hingga tadi malam menyebabkan sebagian Aceh JayaSenin, 27 November 2017 14:14ISTHalaman SMPN 3 Woyla Ti…

Banjir Landa Aceh Jaya dan Aceh Barat

Banjir Landa Aceh Jaya dan Aceh Barat

Curah hujan yang tinggi sejak tiga hari terakhir hingga tadi malam menyebabkan sebagian Aceh Jaya

Banjir Landa Aceh Jaya dan Aceh BaratISTHalaman SMPN 3 Woyla Timur Aceh Barat terendam banjir.

* 2 Jembatan di Pidie Nyaris Ambruk

CALANG - Curah hujan yang tinggi sejak tiga hari terakhir hingga tadi malam menyebabkan sebagian Aceh Jaya dan Aceh Barat banjir. Tinggi air di jalan dan permukiman penduduk berkisar antara 40 centimeter (cm) hingga 1 meter. Sedangkan di Pidie, jembatan penghubung ruas jalan antara Beureunuen-Tangse, persisnya di Gampong Geuni, Kecamatan Tangse, Pidie, Sabtu (25/11) sekira 19.00 WIB terancam ambruk akibat diterjang a rus Krueng Baro Raya.

Sejauh ini belum ada warga yang mengungsi akibat banjir, termasuk di Aceh Jaya yang dua hari lalu pun banjir. Di kabupaten ini empat kecamatan dilanda banjir, masing-masing Kecamatan Pasie Raya, Teunom, Darul Hikmah, dan Sampoiniet.

Karena sudah banjir dan curah hujan masih tinggi, tim dari Badan Penanggulangan Bencana (BPB) Kabupaten Aceh Jaya terus meningkatkan kesiagaannya dalam menghadapi banjir di daerah ini. Sementara itu, pada Minggu (26/11) siang, air yang merendam rumah warga Aceh Jaya dan badan jalan berangsur surut. Namun, karena tadi malam hujan deras kembali mengguyur, sehingga debit air di kebun dan permukiman penduduk kembali meninggi.

Khusus di Desa Pulo Tinggi, Kecamatan Pasie Raya, Aceh Jaya, banjir yang melanda desa itu Minggu kemarin merupakan banjir susulan dari yang terjadi sehari sebelumnya (Jumat). Tinggi air bah di kabupaten ini melebihi banjir sehari sebelumnya.

Amatan Serambi, luapan Krueng Teunom terjadi M inggu dini hari dan menyebabkan sebagian rumah plus badan jalan direndam banjir setinggi 10 cm hingga 1 meter di dalam rumah warga.

Sedangkan air di badan jalan mencapai 60 cm, sehingga akses arus lalu lintas warga dari Pasie Raya ke Teunom terganggu hingga siang kemarin.

“Pada hari Minggu kemarin ada empat kecamatan yang diterjang banjir di Aceh Jaya, namun banjir tersebut tidak parah jika dibandingkan dengan banjir yang pernah terjadi pada tahun sebelumnya,” kata Rimbawan, Kabid Kedaruratan dan Logistik pada Kantor Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Aceh Jaya, kepada Serambi di Calang, Minggu (26/11).

Menurut Rimbawan, akibat banjir kali ini tidak ada warga yang mengungsi. Juga tak ada korban jiwa. “Tim kita dari BPBK tetap siaga bersama sejumlah peralatan penting seperti speedboat,” kata Rimbawan.

Ia tambahkan, banjir yang melanda Aceh Jaya terjadi pada Minggu. Desa yang terimbas banjir masing-masing Desa Pulo Tinggi dan Pasie Teubee , Kecamatan Pasie Raya. Desa Blang Baro, Kecamatan Teunom, Desa Babah Dua, Masen, Teupin Hasan, Gampong Barol L dan Krueng Tho, Kecamatan Darul Hikmah dan Kecamatan Sampoiniet meliputi Desa Ranto Sabon, Ie Jeurengeh, Ligan, Seumantok, Cot Punti, dan Krueng Ayon.

Halaman selanjutnya 123
Editor: bakri Sumber: Serambi Indonesia Ikuti kami di Sumber: Google News | Berita 24 Aceh

Tidak ada komentar