GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Panglima TNI Berencana Garap Film Laksamana Malahayati

Panglima TNI Berencana Garap Film Laksamana Malahayati

Panglima TNI Berencana Garap Film Laksamana Malahayati Untuk membuat film ini, lanjut Gatot, pihaknya sampai akan melakukan studi banding ke Turki.Rabu, 11 Oktober 2017 11:5…

Panglima TNI Berencana Garap Film Laksamana Malahayati

Panglima TNI Berencana Garap Film Laksamana Malahayati

Untuk membuat film ini, lanjut Gatot, pihaknya sampai akan melakukan studi banding ke Turki.

Panglima TNI Berencana Garap Film Laksamana Malahayatikompas.comJenderal TNI Gatot Nurmantyo.

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengungkapkan rencana Mabes TNI khususnya TNI Angkatan Laut untuk menggarap film tentang Laksamana Malahayati.

Malahayati, yang punya nama aslinya Keumalahayati, adalah salah seorang perempuan pejuang yang berasal dari Kesultanan Aceh.

"Dalam waktu dekat Mabes TNI khususnya Angkatan Laut akan membuat film Malahayati," kata Gatot, usai meny aksikan acara malam award Festival Film Nusantara (FFN) di gedung teater Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat, Selasa (10/10/2017).

(Baca: Panglima TNI: Jangan Takut, Membela NKRI Bagian dari Jihad)

Untuk membuat film ini, lanjut Gatot, pihaknya sampai akan melakukan studi banding ke Turki. Gatot menceritakan secara singkat tentang sosok Malahayati.

Menurut Gatot, Malahayati pada abad ke 15 merupakan lulusan akademi angkatan laut di Aceh. Malahayati, kata Gatot, menusukan senjata rencongnya kepada laksamana musuh.

Malahayati menurut situs Wikipedia merupakan yang membunuh Cornelis de Houtman dalam pertempuran satu lawan satu di geladak kapal, pada peperangan Inong Balee tanggal 11 September 1599.

(Baca: HUT ke-72 TNI - Di Hadapan Jokowi, Jenderal Gatot Nurmantyo Tegaskan Sikap Politik TNI)

Gatot mengatakan, Malahayati juga seorang wanita yang bertugas sebagai intelijen kerajaan. Gatot juga mengemukakan sosok Malahayati saat itu sudah menggunakan kompas bintang, yang sekarang dipakai didunia pelayaran.

"Jadi ini mendunia pasti ini. Maka kita perlu mengadakan studi kepustakaan sehingga benar-benar cerita ini bisa dinarasi dengan perpustakaan yang benar-benar bisa dipertanggungjawabkan," ujar Gatot.

(Baca: Tegas dan Penuh Semangat, Begini Pidato Jenderal Gatot Nurmantyo di HUT ke-72 TNI)

TNI sedang mengkaji untuk melakukan kerja sama internasional untuk menggarap film tersebut. Hal itu dilakukan agar film ini tidak hanya dinikmati masyarakat di Tanah Air tetapi juga masyarakat internasional.

"Karena diharapkan film ini bukan untuk nasional saja tapi internasional, kita menunjukan kepada dunia bahwa kita punyalaksamana Malahayati," ujar Gatot. (*)

Berita ini sudah tayang di Kompas.com dengan judul: TNI akan Garap Film Laksamana Malahayati

Editor: faisal Sumber: Kompas.com Ikuti kami di Sumber: Tribun Aceh

Tidak ada komentar