www.AlvinAdam.com


Berita 24 Aceh

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Melangkahlah Melewati Access, Program Beasiswa Kecil Access di Banda Aceh

Posted by On 13.39

Melangkahlah Melewati Access, Program Beasiswa Kecil Access di Banda Aceh

Kupi Beungoh

Melangkahlah Melewati Access, Program Beasiswa Kecil Access di Banda Aceh

Tapi bukan hanya sekedar untuk membantu murid yang kurang atau tidak mampu untuk belajar dan mengerti dengan bahasa inggris.

Melangkahlah Melewati Access, Program Beasiswa Kecil Access di Banda AcehFacebookRyan Shuterland

Tulisan ini ditulis oleh Ryan Shuterland, pria asal Amerika yang saat ini sedang mempelajari bahasa Indonesia di Universitas Syiah Kuala. Tulisan ini diterjemahkan oleh Alfred dan diunggah dalam dua bahasa, bahasa Inggris dan Indonesia.

SERAMBINEWS.COM - Balon warna warni dengan benang benangnya berjejeran di di nding. Dibawah lampu fluoresecent (berpendar) yang keras. Lautan murid murid yang berkerudung dan berbatik baru hilang didalam konsentrasi mereka. Suara murid murid yang dengan semangatnya menulis berkontras dengan suara keras speaker. “Where did Jackie go last night? (Kemana Jackie pergi semalam?), What did Dan look like? (Seperti apa tampangnya Dan?), “What was Theresa’s Favourite food? (Apa makanan kesukaan Theresa?)”.

Di aula Universitas Ar-Raniry di Banda Aceh Indonesia ini, para murid murid sedang melakukan ujian terakhir mereka sebagai bagian dari program beasiswa kecil disantunkan oleh Departemen negeri AS (Amerika Serikat).

Hari ini adalah hari kewisudaan mereka. Setelah murid murid terakhir telah selesai melakukan ujiannya. Teman teman dan keluarganya mulai masuk ke ruangannya. Ada murid murid yang saling berpelukan. Ada juga yang menangis. Ada spanduk besar yang berslogan “Step Ahead, Beyond Access (melangkahlah, Beyond Access (Melewati Access))† yang digantung di depan aula. Sinar dari proyektor di dinding menunjukan gambar gambar perjalanan perkemahan, pembagian makanan, dan pentas dansa.

Sejak 2004, program beasiswa kecil Access memberikan jalan untuk pendidikan bahasa Inggris untuk lebih dari 95000 murid dari yang kurang atau tidak mampu ke 85 negara di seluruh dunia.

Tapi bukan hanya sekedar untuk membantu murid yang kurang atau tidak mampu untuk belajar dan mengerti dengan bahasa inggris. Program ini juga membantu kemampuan bermemimpinan, mengajari berpidato umum, keterampilan professional, dan membuka mata mereka dengan budaya dan harga harganya Amerika Serikat.

“Kami sangat menghargai program ini”, ujar Juha Petra Salim, wakil konsulat AS (Amerika Serikat) di Medan yang mendatangi upacara itu. “(Hal ini) telah menguatkan kerja sama dengan negeri negri yang berpatrisipasi dengan pemerintah Amerika Serikat. Murid Murid ini akan bisa menggunakan keterampilan yang mereka dapatkan dari progra m Access ini untuk manfaat dan keuntungan keluarga, negara, dan mereka sendiri.

Ini semua tidaklah gampang, Banyak sekali murid murid yang terdaftar di program Access di Aceh ini berkerja lama dan keras untuk membantu keluarga dan sekaligus kewajiban pendidikan mereka. Ada juga yang lain dari kampung kampung jauh, dan mereka harus berjam-jam berperjalanan menaiki transportasi umum hanya untuk menatangi kelas mingguan. Mereka semua semangat sekali untuk belajar.

Baca: Step Ahead, Beyond Access!, Access Microscholarship Program in Banda Aceh

“Dengan keterampilan untuk berkomunikasi bahasa inggris, murid murid kami telah membuka pintu kesempatan internasional di masa depan, terutama di Amerika Serikat. Mereka secara tidak langsung menjadi ambasador pemerintahan AS” ujar Dr. T. Zulfikir, direktur departemen bahasa Inggris di Universitas Ar- Raniry.

Halaman selanjutnya 12
Editor: Fatimah Sumber: Serambi Indonesia Ikuti kami di Sumber: Google News | Berita 24 Aceh

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »