www.AlvinAdam.com


Berita 24 Aceh

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Kementerian Siap Kembangkan Garam Geomembran di Aceh Utara

Posted by On 11.23

Kementerian Siap Kembangkan Garam Geomembran di Aceh Utara

Kementerian Siap Kembangkan Garam Geomembran di Aceh Utara

Kementerian Kelautan dan Perikanan RI memastikan awal tahun depan akan mulai mengembangkan proyek

Kementerian Siap Kembangkan Garam Geomembran di Aceh UtaraKADIS Kelautan dan Perikanan Aceh, Ir T Diauddin bersama staf sedang melihat lokasi pembuatan garam metode tunel dan membran plastik di kluster pembuatan garam rakyat Desa Lam Ujong, Kecamatan Baitussalam, Aceh Besar, Jumat (22/12).

LHOKSUKON â€" Kementerian Kelautan dan Perikanan RI memastikan awal tahun depan akan mulai mengembangkan proyek percontohan produksi garam secara geomembran di Kecamatan Lapang, Aceh Utara. Sebab, lahan yang dibutuhkan dan d isyaratkan sesuai dengan kebutuhan kementerian tersebut.

“Usulan yang kita terima, lahannya 17 hektare. Namun, yang kita butuhkan sekitar 15 hektare. Di Aceh, program ini hanya kita laksanakan di dua kabupaten yaitu Aceh Utara dan Pidie Jaya,” ujar Staf Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, Irwan Sulistia kepada Serambi, kemarin.

Menurutnya, tempat usaha garam itu nanti akan dikelola oleh koperasi yang dibentuk warga dengan melibatkan petani garam. “Dengan cara ini, koperasi bisa memikirkan pemasaran, sementara petani hanya bertugas memproduksi garam,” ujar Irwan.

Dengan usaha geomembran, sebutnya, setiap bulan akan mampu diproduksi garam sebanyak 100 ton per satu hektare. Sebab, sistem geomembran dapat peningkatan kuantitas dan kualitas garam.

Anggota DPD RI asal Aceh, H Sudirman alias Haji Uma, mengatakan, dirinya sudah berjuang keras agar proyek itu dapat dilaksanakan di Aceh Utara. Karena itu, ia berharap Bupati Aceh Utara bisa bersinergi den gan pusat dalam merealisasikan program ini.

Ditambahkan, usaha garam geomembran membutuhkan ratusan tenaga kerja. Karena itu, ia berharap masyarakat ikut berpartisipasi dalam program ini, sehingga ketika direalisasikan tak terkendala. “Masyarakat harus ubah mindset, harus sejalan, dan sama persepsi bahwa garam geomembran menjanjikan,” katanya.(jaf)

Editor: bakri Sumber: Serambi Indonesia Ikuti kami di Sumber: Google News | Berita 24 Aceh

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »