Pengurus koperasi ikut pelatihan keuangan di Abdya

Pengurus koperasi ikut pelatihan keuangan di Abdya Pengurus koperasi ikut pelatihan keuangan di Abdya Kamis, 9 November 2017 22:17 WIB...

Pengurus koperasi ikut pelatihan keuangan di Abdya

Pengurus koperasi ikut pelatihan keuangan di Abdya id abdya, koperasi, pelatihan Pewarta: Suprian Blangpidie (ANTARA Aceh) - Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menegah Provinsi Aceh mengadakan pelatihan penyusunan laporan pertanggungjawaban keuangan kepada seratusan pengurus koperasi tidak aktif di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya).
Kepala Bidang Koperasi pada Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disprindakop) Abdya, Muammar Asmady di Blangpidie, Kamis mengatakan, pelatihan penyusunan laporan keuangan yang diselenggaran oleh Pemerintah Aceh dan Pemkab Abdya itu berlangsung selama tiga hari di Blangpidie hingga Minggu (11/11).
Muammar berkata, kegiatan yang dimulai pada Kamis tersebut juga bekerjasama dengan Dewan Ko perasi Indonesia wilayah Aceh dengan tujuan agar pengurus koperasi mengerti tentang sistem laporan keuangan, sehingga ke depan tidak ada lagi koperasi yang tidak aktif di Kabupaten Abdya ini.
"Ini kegiatan kedua tahun ini, khusus diikuti oleh pengurus dan pengawas dari 50 koperasi tidak aktif, tujuannya agar mereka bisa membuat laporan rapat anggota tahunan (RAT) kembali. Sedangkan beberapa bulan lalu, sudah kami laksanakan juga dengan menggunakan sumber Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten (APBK)," ungkapnya.
Ia mengatakan, dengan dilaksanakan pelatihan ini oleh pemerintah, para pengurus dan pengawas koperasi yang selama ini tidak aktif di Kabupaten Abdya itu tentu sudah mengerti tentang sistem laporan keuangan dan melakukan RAT sehingga ke depan seluruh koperasi di daerah ini sudah mulai aktif kembali sebagaimana dulunya.
"Jadi, setelah pelatihan ini kita laksanakan, langkah selanjutnya kita lakukan pembenahaan dan pendataan ulang mengenai kelembagaan s erta laporan keuangan, supaya koperasi yang ada di kabupaten ini dapat terakses Nomor Induk Koperasi (NIK) dan sertifikat NIK, supaya keberadaan koperasi terdata pada pemerintah," ujarnya.
Muammar mengaku, macetnya koperasi di pedesaan selama ini karena niat pengurusnya hanya untuk mengambil bantuan pada pemerintah.
Selain itu juga disebabkan sebagian pengurusnya belum mengerti tentang sistem berkoperasi yang sifatnya gotong royong untuk kesejahteraan anggota.
"Kalau perkembangan koperasi di Abdya cukup bagus, sebab dari jumlah 191 koperasi yang ada, 43 masih aktif dan rata-rata koperasi profesi yang omsetnya kini sudah mencapai Rp6 miliar. Jadi, sekarang sudah bisa pinjam Rp100 juta/anggotanya. Jadi, yang perlu sentuhan sekarang ini adalah koperasi perikanan dan pertanian," ujarnya.

Editor: Salahuddin Wahid

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: Antara News Kab. Abdya

COMMENTS

Tulis Artikel
Nama

Edukasi,1,Lokal,6,Olahraga,2,
ltr
item
Berita 24 Aceh: Pengurus koperasi ikut pelatihan keuangan di Abdya
Pengurus koperasi ikut pelatihan keuangan di Abdya
Berita 24 Aceh
http://www.aceh.berita24.com/2017/11/pengurus-koperasi-ikut-pelatihan.html
http://www.aceh.berita24.com/
http://www.aceh.berita24.com/
http://www.aceh.berita24.com/2017/11/pengurus-koperasi-ikut-pelatihan.html
true
7456172371658692192
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy