Empat dari 10 paus yang terdampar di Aceh gagal diselamatkan

Empat dari 10 paus yang terdampar di Aceh gagal diselamatkan ]]> ...

Empat dari 10 paus yang terdampar di Aceh gagal diselamatkan

]]> Empat dari 10 paus yang terdampar di Aceh gagal diselamatkan
Aceh, PausHak atas foto Hidayatulah untuk BBC Indonesia
Image caption Belum diketahui penyebab terdamparnya 10 Paus jenis sperma di lepas pantai Aceh.

Enam dari sepuluh paus jenis sperma yang terdampar di perairan kawasan Ujong Batee, Kabupaten Aceh Besar, berhasil diselamatkan namun empat lainnya mati pada Selasa (14/11) pagi.

Dwi Aryo Tjiptohandono, Marine & Fisheries Campaign & Communications Coordinator WWF Indonesia, mengatakan bahwa tujuh dari 10 paus berhasil diselamatkan pada hari Senin (13/11) namun satu kembali ke lepas pantai dan akhirnya tak selamat bersama tiga paus lainnya.

Saat ini tim WWF juga memantau kondisi enam paus lainnya untuk memastikan bahwa mereka meneruskan perjalanan dan tidak menunggu empat paus yang sudah mati.

  • Lumba-lumba 'berkepala dua' yang langka terjaring nelayan
  • Menyelamatkan 100 Paus Pilot yang terdampar di Selandia Baru
  • Beruang kutub 'yang paling sedih' dipindahkan da ri pusat pertokoan

"Juga apabila ada kejanggalan yg disebabkan luka atau cidera yg mengakibatkan kembali terdampar", terang Dwi Aryo dari WWF Indonesia.

Pada hari Senin, 10 ekor paus sperma terdampar di lepas pantai Aceh.

Warga Aceh, para petugas berwenang, bersama nelayan dan berbagai relawan lain berupaya menyelamatkan mereka dengan memindahkan mereka kembali ke tengah laut dengan menggunakan berbagai cara, termasuk dengan perahu motor.

Hak atas foto Hidayatulah untuk BBC Indonesia
Image caption Bukan pertama kalinya paus jenis sperma terdampar di Provinsi Aceh.

Belum diketahui penyebab terdamparnya paus-paus itu namun Kepala Bidang Perairan Pesisir dan Pulau-pul au Kecil, Nurmahdi, mengatakan terdamparnya paus jenis sperma tersebut atas dugaan ada anggotanya yang sakit.

"Ini jenis ikan yang pergi secara berkelompok dan juga merupakan ikan yang setia, makanya terdampar dalam jumlah banyak," kata Nurmahdi, kepada Hidayatullah, seorang wartawan di Aceh yang melaporkan untuk BBC Indonesia.

Kasus terdamparnya paus jenis sperma di Provinsi Aceh sebenarnya bukan yang pertama kali. Hal serupa terjadi pada pada akhir tahun 2016 lalu.

Saksi mata Prada Riki -seorang aparat Koramil setempat- mengatakan mulanya terlihat dari jauh segerombolan ikan besar, dan tidak lama kemudian kelompok ikan itu semakin mendekat ke pesisir hingga terdampar ke kawasan pantai.

"Saya lihat pukul 09.00 WIB masih di tengah laut, namun pukul 10.00 WIB sudah terdampar dan saya langsung laporkan pada atasan," jelas Prada Riki.

Hak atas foto Hidayatulah untuk BBC Indonesia
Image caption Paus merupakan hewan mamalia yang hidup secara berkelompok.

Sementara saksi mata lainnya, Gabriel -seorang siswa Sekolah Menengah Kejuruan Pelayaran Samudera Indonesia yang baru pertama kali melihat paus secara dekat- mengaku bersama teman-temannya sempat menarik satu ekor paus ke laut, namun tidak lama dia kembali lagi ke pantai untuk bergabung bersama kawanannya yang terjebak.

Paus jenis sperma merupakan salah satu hewan mamalia terbesar di dunia, dengan pertumbuhannya bisa mencapai sepanjang 12 meter dan berat hingga 57 ton.

Sumber: Google News< /a> | Berita 24 Aceh

COMMENTS

Tulis Artikel
Nama

Edukasi,1,Lokal,6,Olahraga,2,
ltr
item
Berita 24 Aceh: Empat dari 10 paus yang terdampar di Aceh gagal diselamatkan
Empat dari 10 paus yang terdampar di Aceh gagal diselamatkan
https://ichef-1.bbci.co.uk/news/320/cpsprodpb/4968/production/_98729781_42892530-bdb1-4323-bc8a-66ff25afe6c5.jpg
Berita 24 Aceh
http://www.aceh.berita24.com/2017/11/empat-dari-10-paus-yang-terdampar-di_14.html
http://www.aceh.berita24.com/
http://www.aceh.berita24.com/
http://www.aceh.berita24.com/2017/11/empat-dari-10-paus-yang-terdampar-di_14.html
true
7456172371658692192
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy