DPRA Akan Surati Menteri PUPR

DPRA Akan Surati Menteri PUPR DPRA Akan Surati Menteri PUPR Wakil Ketua DPRA, T Irwan Djohan, menyatakan DPRA akan segera menyurati ke Me...

DPRA Akan Surati Menteri PUPR

DPRA Akan Surati Menteri PUPR

Wakil Ketua DPRA, T Irwan Djohan, menyatakan DPRA akan segera menyurati ke Menteri Pekerjaan Umum

DPRA Akan Surati Menteri PUPR

* Minta Proyek IPAL Dihentikan

BANDA ACEH - Wakil Ketua DPRA, T Irwan Djohan, menyatakan DPRA akan segera menyurati ke Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk menghentikan pelaksanaan proyek Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang berada di Gampoeng Pande, Kecamatan Kutaraja, Banda Aceh.

“Surat itu akan kita sampaikan minggu ini juga, agar pelaksanaan proyek IPAL yang berada di lokasi situs sejarah itu distop dan dipindahkan ke lokasi lain,” kata Irwan Djohan kepada Serambi, Senin (9/10), usai penutupan Sid ang Paripurna DPRA dengan agenda pengesahan RAPBA Perubahan 2017 di Gedung DPRA.

Dikatakan, dasar DPRA akan menyurati Menteri PUPR agar proyek IPAL itu dihentikan, karena saat dilakukan penggalian kolam pengolahan limbah ditemukan banyak nisan kuno. Itu menandakan di areal tersebut merupakan tempat tinggal dan pemakaman para keluarga raja-raja Aceh.

Irwan menambahkan, biasanya sebelum proyek besar dikerjakan, lebih dahulu dilakukan survei investigasi design atau pembuatan SID dan DEDnya. Hasil survei di lokasi yang akan dijadikan proyek IPAL ditemukan situs sejarah, termasuk batu nisan masa kerajaan Aceh dulu.

Seharusnya pihak proyek memanggil arkeolog yang ada di Aceh untuk menyelidikinya.

“Sebelumnya di kawasan itu pernah juga ditemukan uang koin emas dan bahan logam, guci, piring, mangkok yang terbuat dari keramik dan pedang. Itu mengindikasikan bahwa lokasi pembangunan IPAL tersebut dulunya adalah permukiman dan lokasi pemakaman keluarga raja-raja A ceh,” ujarnya.

Setelah masyarakat Gampong Pande meminta agar proyek IPAL dihentikan, Pemko Banda Aceh semestinya bergerak cepat dan menyurati Menteri PUPR dan kontraktor pelaksana--PT Nindya karya--untuk menghentikan pekerjaan. “Namun berdasarkan informasi dari kontraktor, pemko belum menyurati Menteri PUPR dan pihak kontraktor untuk menghentikan pekerjaan. Karena tak ada surat, makanya pihak kontraktor melanjutkan pekerjaan itu,” tandas Irwan.

Diterangkan Wakil Ketua DPRA itu, ada dua lembaga yang menjadi pemilik proyek IPAL yaitu Pemko Banda Aceh selaku pemilik lahan dan juga telah mengalokasikan dana Rp 2,5 miliar untuk pembuatan DED dan Kementerian PUPR selaku penyandang dana Rp 105 miliar untuk pembangunan konstruksi IPAL.

Karena itu, tambah Irwan, Pimpinan DPRA sudah sepakat untuk segera menyurati Menteri PUPR dan minta agar pekerjaan proyek IPAL distop. DPRA juga akan menyurati Menteri Kebudayaan dan Pariwisata agar menjadikan lokasi IPAL itu sebaga i situs sejarah.

Walikota KOTA Banda Aceh, Aminullah Usman, menegaskan Pemerintah Kota Banda Aceh tetap komit dan berpegang teguh pada hasil kesepakatan bersama DPRK Banda Aceh dan para pihak, Rabu (13/9) lalu, bahwa proyek IPAL dihentikan.

“Hasil kesepakatan proyek IPAL dihentikan. Kami dari Pemerintah Kota Banda Aceh komit dengan kesepakatan itu. Harapan kami, pihak kontraktor agar mematuhi kesepakatan tersebut,” tegas Aminullah yang dihubungi Serambi tadi malam.

“Kami inginkan proyek itu disurvei kembali agar jelas. Lalu hasil surveinya dipresentasikan kepada masyarakat.” pungkas Aminullah.(mir)

Editor: bakri Sumber: Serambi Indonesia Ikuti kami di Sumber: Tribun Aceh

COMMENTS

Nama

Edukasi,1,Lokal,6,Olahraga,2,
ltr
item
Berita 24 Aceh: DPRA Akan Surati Menteri PUPR
DPRA Akan Surati Menteri PUPR
http://cdn2.tstatic.net/aceh/foto/bank/images/nasdem-tunjuk-irwan-djohan-2_20170115_074101.jpg
Berita 24 Aceh
http://www.aceh.berita24.com/2017/10/dpra-akan-surati-menteri-pupr.html
http://www.aceh.berita24.com/
http://www.aceh.berita24.com/
http://www.aceh.berita24.com/2017/10/dpra-akan-surati-menteri-pupr.html
true
7456172371658692192
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy